SOSIALISASI VERIFIKASI DAN VALIDASI PMKS DAN PSKS TAHUN 2018

 

SOSIALISASI VERIFIKASI DAN VALIDASI DATA

PENYANDANG MASALAH KESEJAHTERAAN SOSIAL (PMKS)

DAN POTENSI SUMBER KESEJAHTERAAN SOSIAL (PSKS)

KABUPATEN PEMALANG TAHUN 2018

Sosialisasi yang diadakan di Kecamatan Randudongkal dari Dinas Sosial Kabupeten Pemalang pada tanggal 15 Maret 2018. Dalam rangka memberikn arahan kepada petugas yang ditugaskan dari desa masing-masing mengenai Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) dan Potensi Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS) dan tata cara pendataan yang harus dilakukan dalam mendata Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) Dan Potensi Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS).

Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) adalah seseorang, keluarga atau kelompok masyarakat yang karena suatu hambatan, kesulitan, atau gangguan, tidak dapat melaksanakan fungsi sosialnya, sehingga tidak dapat terpenuhi kebutuhan hidupnya (jasmani, rohani, dan sosial) secara memadai dan wajar. Hambatan, kesulitan dan gangguan tersebut dapat berupa kemiskinan, keterlantaran, kecacatan, ketunaan sosial, keterbelakangan, keterasingan dan perubahan lingkungan (secara mendadak) yang kurang mendukung, seperti terjadinya bencana.

Sedangkan Potensi Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS) adalah potensi dan sumber yang ada pada manusia, alam dan institusi sosial yang dapat digunakan untuk usaha kesejahteraan sosial. contohnya Karang Taruna, Pekerja Sosial Masyarakat (PSM), Organisasi Sosial dll.

Pendataan ini di tujukan bagi warga yang memang bermasalah baik ekonomi sosial hukum dll dan nantinya pendataan ini untuk Memperoleh jumlah Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS)  dan Potensi Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS) serta Menjadikan bahan masukan serta pertimbangan pimpinan untuk perencanaan dan kebijakan dalam pengambilan keputusan.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*